Puasa Ramadhan memiliki beberapa keistimewaan:

1. Allah sendiri yang memberikan balasan kepada orang yang menjalankan puasa Ramadhan  

2. Allah akan memberikan dua kebahagiaan yaitu bahagia saat berbuka puasa dan bahagia saat berjumpa dengan Allah 

3. Allah memberikan fasilitas surga Rauyan bagi orang yang menjalankan puasa 

4. Allah akan menyelematkan dari neraka. 

Rasulullah SAW bersabda, "Banyak orang berpuasa hanya memperoleh lapar dan dahaga." Hadits tersebut menyadarkan kita untuk melakukan interofeksi terhadap kualitas puasa kita. Dalam hal ini, Imam al-Ghazali memilah puasa menjadi tiga tingkatan: Pertama, puasa umum yaitu mencegah perut dan kemaluan dari syahwat. Kedua, puasa khusus yaitu mencegah seluruh anggota badan dari maksiat lahir dan batin. Ketiga, puasa khusus al-khusus yaitu menjaga hati dari mengingat sesuatu selain Allah. Dari tiga tingkatan puasa tersebut kita dapat mengaca bagaimana posisi puasa kita. Dengan demikian, kita akan terus mengoreksi diri untuk berusaha meningkatkan kualitas puasa kita menjadi lebih baik. Semoga Allah membimbing kita.

ABSTRACT

Syekh Hizboel Wathony is one of contemporary Sufism at 21st century in Nusantara. He has Sufi teachings which integrated Ibn Arabî’s Sufism and al-Ghazâlî with some modification. The Sufi teachings of Syekh Hizboel Wathony that is: Tauhid Mukâsyafah (Sufism’s concept), Martabat Tujuh (seven stages of being) and Tazkiyat al-Nafs (cleaning of soul). Tauhid Mukâsyafah and Martabat Tujuh by genealogies refer to Ibn Arabi’s Sufism, and Tazkiyat al-Nafs refer to al-Ghazâlî’s Sufism.

إِلَهِي لَسْتُ ِلتَوِْ حِيْدِ الْكَشْفِ أَهْلاً - وَلاَ أَقْوَيْ عَليَ الشِّرْكِ اْلخَفِيِّ
Wahai Tuhanku ! rasanya aku tidak pantas menyandang mahkota tauhid ahli kasyf
namun aku juga tidak tahan dibelit syirik khafi

Kata Wali secara terminologi adalah orang yang dicintai Allah atau kekasih Allah. Sedangkan Mutawali menurut tinjaun etimologi adalah bentuk isim fail mengikuti wazan khumatsi mazid "Tafa'ala" yang memiliki fungsi idharu ma laisa fi waqi' artinya menyatakan sesuatu yang sebenarnya tidak ada/terjadi. Dengan kata lain, kata Mutawali memiliki arti orang yang pura-pura jadi wali padahal sebenarnya bukan wali.

Soul comes wearing a shape,
with fragrance, with the new green,
with a trembling hand, with generosity.
No, that implies a being apart.

Companion and confessor at once,
red and yellow, you join me in the gathering, and you stay away.
You come late.
You are the source of two lovings,
fire one day, ice another. 106

***

ABSTRAK

Syekh Hizboel Wathony adalah salah satu sufi kontemporer abad 21 di Nusantara. Ia memiliki ajaran tasawuf yang mengintegrasikan tasawuf Ibn ‘Arabi dan al-Ghazali dengan beberapa modifikasi. Ajaran tasawuf Syekh Hizboel Wathony meliputi tiga hal; Tauhid Mukâsyafah, Martabat Tujuh dan Tazkiyat al-Nafs. Tauhid Mukâsyafah dan Martabat Tujuh secara genealogis merujuk pada tasawuf Ibn Arabî sedangkan Tazkiyat al-Nafs merujuk pada tasawuf al-Ghazâlî.

Salam secara bahasa artinya selamat. Sedangkan kata Salam secara terminologi digunakan sebagai bahasa komunikasi untuk menyatakan perhatian, penghormatan atau sebagai muqadimah ta'aruf (prepare perkenalan). Seringkali kita mendengar seseorang titip salam untuk temannya atau saudaranya yang di kampung, "Titip yo salam kanggo Kang Parto" Ketika Salam tersebut disampaikan sama Kang Parto, maka kang Parto menjawab, "Wa'alaika wa 'alaihi salam."

Syekh Maulana Said Adam adalah ketua penjaga Raudhah Nabi Muhammad Saw. Beliau meluangkan waktunya berkunjung ke Indonesia sebagai negara Islam terbesar di dunia selama krang lebih sebulan. Selama kunjungannya di Indonesia beliau mampir di rumah Bapak Brigjend Pol. Drs. Dede Jaya Laksana, SH, MM,. salah satu Pendiri Pesantren Akmaliah di Kelapa Dua Wetan, Ciracas.Dalam acara tersebut saya mendapat tugas dari Mursyid kami untuk menjadi translator dan MC.

al-Rabbani
Mohon bantuan dan doa semoga pembangunan masjid dan asrama santri dapat berjalan lancar. Bantu donasi dengan klik… https://t.co/RvOwQJLTTq
al-Rabbani
Trm ksh @baznasindonesia yg sdh berpartisipasi dlm pengecoran lantai 2 gdg madrasah diniyah alrabbani. Baznas nyata… https://t.co/n7cKGnfT0o
Follow al-Rabbani on Twitter
Go to top