Program-program Yayasan Ma’arif al-Rabbany sebagai berikut:

Islamic Studies and Research

Kegiatan Islamic Studies and Research yaitu mengkaji dan meneliti kajian Islam Interdisipliner meliputi kajian al-Qur’an Hadits, Tafsir, Fiqih, Tasawuf, Ilmu Kalam dan Filsafat Islam. Kegiatan pengkajian yang sudah berjalan yaitu mengkaji kitab Riyadhu s-shalihin, Tafsir al-Jilani dan kitab lainnya.

Dalam bidang penelitian akan meneliti masalah-masalah sosial, budaya dan keagamamaan. Termasuk  meneliti manuskrip tasawuf Nusantara yang menjadi salah satu khazanah intelektual  Nusantara.  Penelitian yang sudah dilakukan yaitu meneliti manuskrip tasawuf para ulama Nusantara.

 

Islamic Education

Dalam bidang pendidikan kami bergerak pada pendidikan formal dan informal

Pendidikan Formal

Pendidikan formal yang sudah berjalan dari tahun 2006 yaitu TK Islam RA Al-Kamil di Kelapa Dua Wetan, Ciracas, Jakarta Timur. RA Al-Kamil memiliki motto mencetak generasi berprestasi dan berakhlakul karimah. Kepercayaan masyarakat semakin tumbuh saat RA Al-Kamil menunjukkan hasil nyata terhadap perubahan prestasi dan akhlak putra-putri mereka. Para pengajar RA Al-Kamil yang berlatar belakang S1 memiliki prestasi yang membanggakan yaitu Juara 1 dan 2 dalam kreatifitas guru RA se-Jakarta Timur dan DKI Jakarta.  Komitmen lembaga dalam membangun pendidikan yang berorientasi sosial telah terbukti secara nyata dengan memberikan program beasiswa gratis biaya untuk anak yatim dan anak tidak mampu. Program ini berjalan secara rutin tiap tahun.

Rencana pengembangan akan mendirikan Sekolah Islam dari TK Islam/RA, SMP, SMU hingga Perguruan Tinggi dalam satu lokasi yang terintegrasi dengan Pondok Pesantren. Sehingga keseimbangan antara pendidikan Agama, pengetahuan umum dan akhlakul karimah dapat terwujud secara nyata.

Pendidikan Informal

Pendidikan informal yang sudah berjalan yaitu Taman Pendidikan al-Qur’an di Cikeas, Kp. Nagrak, Gunung Putri, Bogor. Pendidikan ini gratis untuk anak-anak masyarakat sekitar Cikeas dan Nagrak. Masyarakat di sekitar lembaga kami merasa senang dengan diselenggarakannya Pengajian Al-Qur’an untuk anak-anak mereka.

 

Entrepreneurship

Program ini akan memberikan pembinaan leadership, keagamaan, life skill dan entrepreur kepada para remaja, anak putus sekolah dan santri salafiyah. Tujuannya supaya mereka memiliki bekal kepemimpinan,  keahlian dan wirausaha sehingga mereka diharapkan mampu mengembangkan potensi diri secara postif.

Pelatihan leadership, life skill dan entrepreneur menjadi program prioritas untuk membekali dan menyiapkan generasi Islam yang berkualitas, bertaqwa, berakhlakul karimah, kreatif dan mandiri. Selain itu, akan dikembangkan pelatihan life skill seperti kursus teknisi komputer, programer, laboratorium Bahasa, percetakan, menjahit, perpustakaan, taman baca, wirausaha dan lainnya.

al-Rabbani
Mohon bantuan dan doa semoga pembangunan masjid dan asrama santri dapat berjalan lancar. Bantu donasi dengan klik… https://t.co/RvOwQJLTTq
al-Rabbani
Trm ksh @baznasindonesia yg sdh berpartisipasi dlm pengecoran lantai 2 gdg madrasah diniyah alrabbani. Baznas nyata… https://t.co/n7cKGnfT0o
Follow al-Rabbani on Twitter
Go to top