Ulama asal Yaman DR (HC) Syekh Al-Habib Abu Bakar Al-Adni memuji model perjuangan Islam di Indonesia dan utamanya dalam mendidik kedewasaan masyarakat dalam pemahaman agama. Menurutnya, Islam di Indonesia secara umum sudah berada di jalur yang benar.

Medan - Nahdlatul Ulama menilai aktivitas yang dilakukan kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (Islamic State of Iraq and Syria/ISIS) merupakan upaya untuk menjatuhkan citra Islam. Hal ini diungkapkan secara tegas oleh Ketua Umum NU, Said Aqil Siradj.

Rais Syuriyah PBNU KH Masdar F Masudi mengusulkan Pemerintah RI untuk sementara menampung ratusan imigran etnis Rohingya. Sebagai langkah darurat, pemerintah RI perlu mengambil upaya ini sambil mendorong langkah-langkah diplomatis ke depan.

Keberadaan HTI telah dilarang di Malaysia. Kini beberapa daerah di Indonesia rame-rame menolak keberadaan HTI (Hizbut Tahrir Indonesia) yang bisa menjadi ancaman NKRI. Kenapa HTI ditolak ? Karena HTI menolak Pancasila, UUD 45 dan NKRI dan HTI ingin mengganti sistem Khilafah. Padahal sistem Khilafah ditolak di negara2 Timur Tengah. Pancasila yang dirumuskan oleh para ulama NU bersumber dari nilai-nilai dlm al-Qur'an. Dengan Pancasila umat Islam mendapat kebebasan menjalankan syariat Islam dan berhasil menyatukan NKRI. PBNU secara tegas menolak sistem Khilafah HTI dan dipersilahkan keluar dari Indonesia.

Kehadiran organisasi Nahdlatul Ulama di sejumlah negara kembali diinisiasi oleh ulama lokal setempat. Setelah ulama Al-Jazair mendirikan Nahdlatul Ulama Al-Jazair pada 2014 lalu, kemudian disusul oleh ulama Sudan dan Mesir, kini  tokoh Islam Singapura berharap organisasi NU bisa didirikan di negeri Singa itu.

Program Khazanah di salah satu stasiun televisi swasta kerapkali menayangkan materi yang tidak mendidik. Pihak pengelola program ini berupaya menjauhkan umat dari para ulama. Upaya ini ditempuh dengan melemparkan tuduhan keji kepada ulama.

Ketua  Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj mengatakan, saat ini warga NU perlu memperkuat basis keilmuan di kalangan umat Islam. Sebab, menurutnya, sejarah peradaban Islam tidak bisa lepas dari tradisi keilmuan yang kuat.

Muslim Amerika Serikat ingin menjadikan Islam Nusantara ala NU yang ramah sebagai counter opinion bagi Islam di negaranya. Pasalnya, pemahaman Islam di AS berbeda dengan Indonesia.

Alhamdulillah program entrepreneur budidaya ikan lele santri al-Rabbani Cikeas berjalan dg baik, insya Allah tidak lama lagi akan panen. ingat kalam hikmah, man yazra' yahsud artinya barang siapa yang menanam maka ia akan panen. semoga kalimat singkat ini bisa menjadi motivasi para santri untuk menjadi pribadi yg mandiri.

Indahnya Kebersamaan bersama keluarga Salikat Akmaliah di al-Rabbani Cikeas

Alhamdulillah sudah terbentuk kepengurusan MATAN DKI Jakarta yang berasal dari berbagai latar belakang mulai ustadz, intelektual, pengacara, pengusaha muda, ahli IT, ahli media, artis hingga mahasiswa/mahasiswi dari berbagai perguruan tinggi. Dengan bersinerginya mereka insya allah akan menjadi benteng utama dalam menjaga ajaran para ulama tasawuf dan tarekat di Indonesia.

Senang melihat para santri yg masih usia kelas 3 SD rajin shalat subuh berjamaah. setelah itu, mereka melanjutkan program tahfidz al-Qur'an one day five ayat yaitu menghafal 5 ayat perhari, alhamdulillah hasilnya cukup memuaskan, semoga mjd bekal mereka sbg generasi Islam yg mencintai al-Qur'an dan mengamalkan kandungannya.

Alhamdulillah salah satu program al-Rabbani yaitu program islamic studies and research akan bekerja sama dengan BALITBANG Kementrian Agama Pusat dan JATMAN untuk penelitian dan pendataan tarekat-tarekat mu'tabaroh di seluruh Indonesia. semoga membawa manfaat.

Pengurus Pusat Lembaga Amal Zakat Infaq dan Shadaqoh Nahdlatul Ulama (LAZISNU) memberikan bantuan sebanyak 3000 benih ikan lele kepada Pesantren Al-Rabbani Cikeas, Bogor, Jawa Barat.

Rapat komisi program panitia muktamar NU di jombang, mendesain program menuju satu abad NU.

Senator dari fraksi independent australia minta dukungan PBNU spy hukuman mati thdp dua org australia ditunda hingga dibatalkan, tp ditolak oleh PBNU. PBNU sejak awsl sikpnya tegas mendukung pemerintah utk menghukum mati para pengedar narkoba di indonesia.

Menyelamatkan generasi: biasanya malam minggu anak2 perkotaan asyik dibius dg acara sinetron dan pergi ke mall, tp alhamdulillah santri2 alrabbani tetap asyik mengaji, semoga mjd generasi tangguh yg tdk mudah terpengaruh arus globalisasi.

Sidang kriminalisasi ulama: sidang lanjutan Syekh Arifin kemarin (5/3) menghadirkan saksi ahli yaitu KH. Wahfiudin Sakam, MBA, dan Dr. KH. Hamdhan Rasyid, MA. Dalam kesaksian ahlinya disimpulkan ada beberapa hal: 1. Fatwa MUI Medan yang menyesatkan ajaran Syekh Arifin Mursyid Samaniyah sangat "CEROBOH" krn tidak mengikuti prosedur yang benar, sangat dipaksakan dan terindikasi "pesanan'. 2. Subtansi fatwa sangat lemah karena masalah furuiyah tidak boleh dikeluarkan fatwa sesat. 3. Kelompok radikal FUI (Forum umat Islam) dimanfaatkan supaya fatwa MUI Medan dijadikan dasar utk mengkriminalkan Syekh Arifin dgn tuduhan penistaan agama, padahal faktanya masalah ini tidak memenuhi syarat penodaan agama. 4. Pergerakan kelompok radikal dalam setiap kasus sangat tergantung dari pemodal dan politisi yang bermain. Karena itu, diyakini ada pemodal dan politisi yang bermain dibalik masalah ini. 5. Berdasarkaan fakta-2 di atas meminta para Hakim supaya dapat memutuskan masalah ini dengan hati nurani, jangan takut dengan ancaman dan tekanan dari pihak manapun. jika Hakim mengikuti tekanan kelompok radikal maka hal ini bisa menjadi ancaman NKRI. Selama persidangan di PN Medan kebenaran sudah ditunjukkan: kebohongan ketua komisi fatwa MUI Medan Rangkuti terbongkar di persidangan, kesaksian ahli Tengku Zulkarnaen (tokoh radikal) yg mengatas namakan MUI Pusat sangat lemah argumentasinya, sgt emosional dan temperamental dlm menjawab pertanyaan dari tim pengacara.

Silaturahmi: pengurus pusat (idaroh aliyah) JATMAN bersilaturahmi dg Menteri Agama Bapak Lukman Saifudin didampingi Sekjen Kemenag dan pejabat lainnya. Alhamdulillag Pak Menteri sangat responsif dan mendukung program2 baik yg beskala nasional maupun internaional. Semoga dakwah tarekat semakin membumi.

Suasana program pendalaman kitab kuning di al-Rabbani Islamic College Cikeas.

Program penguasaan kitab kuning bagi remaja, mahasiswa dan asatidz/dzah sudah berjalan tiap hari sabtu sore di al- Rabbani. Program ini menggunakan metode aplikatif sangat mudah bagi siapapun yg ingin menguasainya.

Kebersamaan bersama saudara ruhani tarekat Khalwatiyah Akmaliah di al-Rabbani

Kaderisasi: dlm Muktamar JATMAN di Malang pada tahun 2011 diputuskan berdirinya MATAN (mahasiswa tarekat al-Mu'tabaroh an-Nahdliyyah). MATAN sbg wadah kaderisasi generasi muda tarekat NU. Saat ini sdh terbentuk kepengurusan MATAN di beberapa Provinsi di Sumatra, Jawa, Kalimatan dan Sulawesi baik di kampus Umum maupun kampus Islam. alhamdulillah di Provinsi DKI Jakarta sudah terbentuk kepengurusan baru yang berkantor di Al-Rabbani Islamic College. Bagi temen2 mahasiswa baik yang berpendidikan S1, S2, S3 maupun para remaja, pemuda pecinta tarekat dipersilahkan untuk bergabung. Semoga lahir generasi baru dari berbagai latang belakang baik intelektual, kyai, ustadz, teknokrat, entrepreneur maupun seniman yang memiliki basic spiritualitas dan keshalehan hakiki.

Alhamdulillah dapat ijasah dari Syekh Fadhil (keturunan Syekh Abdul Qadir al-Jailany) penulis kitab Tafsir al-Jailany. Kitab Tafsir al-Jailany dikaji secara rutin tiap malam ahad sesudah isya di al-Rabbani. Semoga membawa manfaat.

Acara audiensi pengurus pusat JATMAN (jamiyyah ahlith thoriqoh almutabaroh annahdliyyah) dg Presiden/Wakil Presiden. ada beberapa poin penting yg disampaikan. 1. ulama tarekat memiliki peranan penting sejak zaman penjajahan, kemerdekaan hingga reformasi dlm membangun moral bangsa dan konsisten menjaga NKRI, krn itu JATMAN akan menyelenggarakan acara silaturahmi para pimpinan tarekat seluruh indonesia bersama TNI dan POLRI pd tanggal 24-25 Januari di Pekalongan. 2. JATMAN akan menyelenggarakan MUNAS pada bulan Maret di Balikpapan kan dibuka oleh Presiden/ Wakil Presiden. 3. Dalam rangkaian MUNAS utk membangkitkan Nasionalisme thdp NKRI akan diadakan KIRAB MERAH PUTRI di perbatasan mulai dari Nunukan hingga Balikpapan bersama TNI POLRI.

Mendampingi para kyai menghadap wakil ketua umum (waketum) PBNU Dr. As'ad Said Ali. Semoga Allah memberi kekuatan lahir dan batin untuk mengemban amanat yg bermanfaat utk bangsa dan negara.

Makam Syekh Nawawi pengarang kitab Riyadhus Shalihin di Damaskus Suriah telah dibom oleh kelompok radikal kemarin. Kitab Riyadhus Shalihin dikaji scr rutin di al-Rabbani tiap malam senin. Kelompok radikal tdk paham bahwa orang2 shaleh tidak mati mereka tetap hidup bahkan karya2 mereka bagaikan pelita yg memberi cahaya sepanjang masa.

Menyemai Generasi Rabbani: malam ini ada beberapa santri berinisiatif sendiri mengadakan syukuran setelah mereka khatam Iqra' dan juz 'amma, selanjutnya mereka akan naik kelas di madrasah diniyah kelas awaliyah. Alhamdulillah tlh nampak hasil perjuangan menjaga tradisi pendidkan ulama salaf di tengah komersialisasi dunia pendidikan di perkotaan, smg al-Rabbani semakin membawa manfaat utk umat.

Kedatangan tamu Perwira Mabes TNI, semoga mjd jenderal yg bermanfaat utk agama, umat dan bangsa.

Rapat dg Habib Luthfi dan para kyai lainnya terkait acara pertemuan para Mursyid se-Indonesia dg Kapolri dan Panglima TNI, smg bermanfaat utk umat dan bangsa.

Malam Jumat: Para santri menghidupkan tradisi Nahdliyin membaca Yasin dan Tahlil.

Konfrensi Pers Hasil Investigasi: kemarin (10/12/2014) tim investigasi Idaroh Aliyah Jatman yg dipimpin oleh Prof. Dr. KH. Abdul Hadi, MA menyampaikan hasil investigasi di Gedung PCNU Medan terkait fatwa MUI Sumut yg menyesatkan ajaran Syekh Arifin mursyid tarekat Samaniyah. Setelah melihat, meneliti dan mengkaji persoalan tersebut di lapangan secara mendalam, tim investigasi jatman memutuskan bahwa Thoriqoh dan Ajaran Syekh Arifin tidak bertentangan dg al-Quran dan Hadis, tidak sesat dan tdk menyimpang. Keputusan tsb ditanda tangani oleh tim investigasi, Habib Luhtfi selaku Rois Am Jatman, KH. Mu'thi Nurhadi selaku Mudir Am Jatman dan KH. Said Aqil Siroj selaku Ketua Umum PBNU. Ditambah lagi pelapor utama Arsyad yg mjd dasar MUI mengeluarkan fatwa sesat thdp ajaran Syekh Arifin tlh membntah di persidangan bahwa ajaran Syekh Arifin tdk ada yg menyimpang. Dengan demikian, dasar fatwa sesat MUI Sumut semakin terbukti kelemahannya.

 

Kumpul bareng bersama para petinggi PBNU

Menghadiri pengukuhan guru besar Kyai Said Aqil Siroj ketua umum PBNU dlm bidang kajian tasawuf di UIN Sunan Ampel. Semoga mjd inspirasi generasi muda NU.

Kedatangan tamu dari perwakilan Tarekat Samaniyah Medan.

Bismillah, menyelesaikan tugas yg tertunda di kantor al-Rabbani

Terimakasih kepada Mursyidku dan teman2 salikin dari munassiq KDW, Ciracas dan Pondok Gede yg telah hadir di al-Rabbani, semoga al-Rabbani berlimpah berkah dan bermanfaat untuk umat. Acara di aula lantai tiga gedung al-Rabbani yg masih tahap finishing.

Alhamdulillah setelah dialog bersama tim LBHNU dengan komisi fatwa MUI Sumatra Utara ada hasil yang menggembirakan. Mereka bersedia mencabut fatwa menyimpang/sesat terhadap ajaran pimpinan tarekat Samaniyah. Tarekat samaniyah memiliki pengikut sekitar 2,7 juta yang tersebar di berbagai daerah.

Acara launching buku Al-Qaeda: Tinjauan Sosial-Politik, Ideologi dan Sepak Terjangnya, karya Dr. As'ad Said Ali (Waketum PBNU) di Hotel Borobudur.

Ahad, Jam 18.00 Rabu, Jam 20.00 Kamis, Jam 20.00 Sabtu, Jam 15.00
- Nahwu Sharaf - Fiqh Empat Madzhab - Sulam al-Taufiq - Nahwu Sharaf
       
Ahad, Jam 20.00      Sabtu, Jam 20.00 
- Riyadh al-Shalihin     - Tafsir al-Jaylany

Kegiatan pengajian ini dilaksanakan setelah shalat Isya' berjama'ah.

Dalam acara Halal bihalal pengurus pusat (idaroh aliyah) dan daerah (idaroh wustho) seindonesia jamiyyah ahlit thoriqah almutabarah an-nahdliyah (Jatman)

    

  

 

Mendampingi kakak yg mjd calon jemaah haji plus melaksanakan manasik haji, alhamdulillah diberikan kemudahan berangkat tahun ini.

Malam khataman al-Qur'an, semoga berlimpah cahaya Qur'an dan keberkahan

Alhamdulillah, Gusti.

Penyerahan bingkisan lebaran dari PBNU utk masyarakat sekitar al-Rabbani Cikeas

Go to top