Terenyuh melihat santri-santri kecil tiap masuk waktu shalat fardhu tanpa disuruh mereka bergegas mengambil mic speaker untuk mengumandangkan adzan, tidak lama setelah itu teman-temannya yang lagi asyik bermain rela menghentikan permainannya lalu mereka ambil wudhu untuk mengikuti shalat berjamaah. ya Allah jadikanlah mereka generasi yang shaleh.

Muncul kontroversi pembacaan al-Qur'an dalam peringatan Isra' Mi'raj di Istana yg menggunakan langgam Jawa. Pakar Qira'ah Rektor IIQ Jakarta Dr. KH. Ahsin Sakho berpendapat membolehkan membaca al-Qur'an dengan langgam Jawa sebagai perpaduan kalam Ilahi dari langit dan budaya manusia di bumi, selama tidak merusak tajwid dan makaharijul huruf. MUI Pusat KH. Ma'ruf Amin juga membolehkan membaca al-Qur'an dengan langgam jawa dg catatan tetap mengikuti kaidah tajwid dan panjang pendeknya. Silahkan menikmati salah satu Murattal Jawa dari pesantren Brebes tidak kalah merdunya dengan murattal arab.

Dalam menghadapi kehidupan moderen manusia akan mudah terseret arus kehidupan hedonisme, materialisme dan konsumerisme. Jika lemah imannya maka akan mudah melakukan tindakan yang dilarang oleh agama demi memuaskan hasrat gaya hidup bermewah-mewahan. Padahal Rasulullah SAW telah mengajarkan supaya bersikap qana'ah dlm menghadapi hidup yaitu menerima dan menikmati apa yang diberikan oleh Allah. Keutamaan sikap qana'ah telah dijelaskan, "Man qana'a istaghna" artinya orang yang bersikap qana'ah maka ia akan merasa kaya. Jadi, sikap qana'ah sangat penting sbg prinsip hidup karena akan menjadikan hidup terasa lebih tentram dan nyaman.

Ber-husnudhan-lah kpd Allah krn Dia selalu memberikan yg terbaik untuk hamba-Nya. dibalik kesulitan berarti Allah sdg mengajarkan kita supaya bekerja keras; dibalik pahitnya cacian dan makian berarti Allah mengajarkan supaya merasakan nikmatnya sabar; dibalik penderitaan berarti Allah sedang menguji kualitas keyakinan kita; dibalik kesuksesan berarti Allah sdg mengajarkan kita supaya pandai bersyukur; dibalik tidak terkabulnya doa dan keinginan2 berarti Allah sedang mengajarkan kita supaya bersikap "sumeleh" yaitu mengalir dalam iradatullah sebab wa-llahu yaf'alu ma yuriid.

Tidak tega melihat perjuangan nenek asyani yang mencari keadilan, menangis histeris saat mendengar putusan hakim merasa dirinya tidak bersalah dan meminta hakim untuk sumpah pocong. nenek asyani orang kampung yg lugu merasa didzolimi dg tuduhan mencuri kayu jati, padahal nenek asyani sdh membantah bahwa kayu jati tsb diambil dari kebun milik sendiri dan kepala desa membenarkannya, namun hakim berpegang pada fakta hukum yg diajukan pihak perhutani, tp ada keanehan kayu jati yang dihadirkan di persidangan dibantah oleh nenek asyani bahwa itu bukan kayu miliknya. kasus ini seperti halnya orang baik dijahilin oleh org jahat tasnya dimasukin narkoba, maka polisi, jaksa dan hakim pasti akan menuduh org tsb sbg pengedar narkoba. inilah hukum, tapi diatas hukum ada nurani. semoga dg nurani org bisa bersikap bijak.

Dalam teori tasawuf ada beberapa penyakit yg dpt mengotori hati dan jiwa salah satunya hubb al-jaah yaitu cinta pangkat dan kekuasaan. Orang yang sudah akut penyakit hati dan jiwanya karena terinveksi virus hubb al-jahh maka akan melakukan tindakan menghalalkan segala cara utk memproteksi kekuasaannya, spt menyingkirkan orang-orang yg dianggap kritis krn dianggap mengganggu kekuasaannya, mengebiri kader2 potensial, membuat aturan atau meniadakan aturan sesuai nafsunya utk melanggengkan kekuasaannya, bertindak refresif dan otoriter. Orang2 yg demikian sedang dlm kegelapan hawa nafsunya krn ambisi dan keserakahannya. Mereka tidak menyadari bahwa kekuasaan itu amanat yang bisa diambil sewaktu2 oleh Sang Pemilik. Betapa sakitnya hati dan jiwa saat kecintaan thdp pangkat dan kekuasaan dicabut secara paksa oleh Sang Pemiliki Kekuasaan, hanya Allah sebagai Penguasa yang abadi.

Mendengarkan santri2 alrabbani sdg bersenandung hafalan tasrif istilahi (dasar2 tata bahasa arab) mengingatkan masa2 kecil saat ngaji shorof bersama bapak saya KH. Abdullah. Alhamdulillah ilmu yg sedikit bisa dimanfaatkan.

Seorang anggota komisi fatwa MUI sumut bergelar profesor pernah berkata, "untuk menghancurkan tarekat jangan dari lembaganya tp serang personal Mursyidnya. jika nama baik mursyidnya sdh hancur maka dengan sendirinya tarekat akan hancur." Kasus kriminalisasi Syekh Arifin mursyid samaniyah medan sbg bukti nyata utk menghancurkan komunitas tarekat, mulai dari pembuatan fatwa sesat, lalu menggerakkan kelompok radikal FUI utk mengkriminalkan. Namun fakta berbalik, pada sidang saksi ahli kemarin (12/3) yang menghadirkan saksi ahli dari komisi fatwa MUI Pusat Dr. KH. Hamdan Rasyid, MA telah "menelanjangi" kelemahan FATWA MUI SUMUT yang menyesatkan ajaran Syekh Arifin. Fatwa tersebut tdk mengikuti prosedur yang benar sesuai panduan MUI Pusat dalam menetapkan fatwa, fatwa tersebut sangat gegabah dan sembrono. Jika demikian, tidak menutup kemungkinan akan terjadi gugatan balik terhadap komisi fatwa MUI Medan. Ancaman radikalisme nyata di hadapan kita.

Dakwah merakyat: byk metode dlm berdakwah, memperingati maulid nabi saw mjd salah satu metode dakwah yg merakyat. Dlm peringatan maulid nabi muhammad saw di kanzus shalawat hari ini cukup meriah dihadiri sekitar 100 ribu umat islam mulai dari ulama, pejabat hingga rakyat biasa, semua tumplek blek. utk melayani para pecinta nabi pihak panitia memotong 901 kambing dimasak kebuli. Sebuah tradisi unik islam Nusantara.

Ilmu Pisang: sebatang pohon pisang ditanam akan beranak pinak tumbuh tunas2 baru. begitu juga ilmu dan kebaikan jika ditebarkan dg ikhlas maka akan berbuah ribuan kebaikan. krn itu, jgn pernah berhenti menanam

Maulid Nabi: tadi malam 12 rabiul awwal merupakan puncak acara maulid nabi bersama santri2 pesantren akmaliah setelah 11 malam membaca albarjanji, insya allah malam ini kami akan mengadakan peringatan maulid nabi bersama santri2 alrabbani cikeas. peringatan maulid nabi merupakan media utk mendekatkan para santri yg akan mjd generasi penerus islam dg sosok teladan nabi muhammad saw. alangkah bangganya baginda nabi melihat generasi islam di indonedia yg mencintainya, menghormatinya dan meneladaninya. sementara di tanah kelahiran nabi sendiri dilarang mengadakan maulid nabi dengan dalih bid'ah dan syirik. jadi wajar jika baginda rasulullah saw sering titip salam melalui kekasih2 allah untuk umat islam indonesia. allahumma shalli ala sayyidina muhammad waala alihi wasahbihi waman tabiahu biihsan ila yaumidfin.
Muhasabah: sekarang kita sdh memasuki tahun baru 2015 berarti waktu menuju kematian semakin dekat. mari kita raih kesuksesan duniawi pd tahun 2015 utk bekal di akherat nanti. krn hidup di dunia ibarat mampir minum sementara hidup di akherat kekal abadi.
Pemuda menurut Ibn Arabi yaitu orang yang mampu mencurahkan waktu luang dan kemampuannya untuk berperan aktif di tengah masyarakat dg berbuat sesuatu yang bermanfaat dan diridhai Allah.
Kisah Penciptaan Adam: ketika Allah hendak menciptakan Adam as. Ia memberikan wahyu kpd bumi, "Aku akan menciptakan makhluk yg terbuat dari unsurmu (tanah). Diantara mereka ada yg taat kpd-Ku ada pula yg maksiat. Barang siapa taat kepada-Ku maka Aku masukkan ke dlm surga, dan barang siapa maksiat kpd-Ku maka Aku akan masukkan ke dlm neraka." bersambung....(Sumber: Badaai' al-Zuhuur)
Kurikulum: Di saat temen2 seusia anakku disibukkan dan dipusingkan dg kurikulum 2013 tiba2 anakku yg di pesantren API Tegalrejo menginjak tahun ketiga nelpon, "Bapak, alhamdulillah hafalan Imrithi (250 nadhom) sdh selesai, sekarang menghafal alfiyah ibn Malik sdh dapat sekitar 100 nadhom (dari 1000), inshaallah akhir tahun khatam, tapi jangan lupa hadiahnya ya ...." Sengaja anakku aku pilihkan pesantren tradisional yg kurikulumnya dibuat oleh para ulama yg ikhlas, supaya basic keilmuan pesantrennya lebih matang, toh terbukti kurikulum ini melahirkan ribuan kyai yg ikhlas berjuang demi agama dan bangsa, semisal Gus Dur dan kyai2 lainnya.
Doa dan Keyakinan: Rasulullah Saw pernah mengajarkan doa, "Ya Allah aku berlindung kepada-Mu dari segala bentuk musibah dan malapetaka (al-bala'), dari mahalnya kebutuhan pokok (al-ghala'), dan dari wabah penyakit menular (al-waba')...." Saat ini bangsa indonesia sdg menghadapi kondisi naiknya harga kebutuhan pokok akibat naiknya harga BBM yg sudah tdk dpt dihindari, namun demikian kita tidak boleh melupakan Allah, yakinlah bahwa Allah pasti mencukupi segala kebutuhan hamba-hamban-Nya. Dlm ayat al-Qur'an sdh diingatkan, "bukankah Allah yang mencukupi segala kebutuhan hamba-Nya ?" Hasbunallahu wa-ni'ma l-wakil ni'ma l-maula wa-n- ni'ma n-nasir.
Lawan Kriminalisasi Ulama: Sidang Syekh Arifin di PN Medan hari ini cukup menarik. Biasanya org2 FUI dlm ruang sidang selalu meneriakkan takbir, sesat, kafir. Hari ini dukungan dari para jamaah tarekat samaniyah terhadap mursyidnya tlh ditunjukkan secara terbuka. ruang sidang hari ini dipenuhi para jamaah tarekat samaniyah. Sebelum sidang dimulai mereka berzikir bersama laailaaha illallah secara keras sehingga suaranya menggema dlm ruangan dan sgt terdengar keras dari luar. Ternyata gema zikir kaum tarekat cukup efektif melawan takbir kaum radikalis.
Ahli Syariat vs Ahli Hakikat: Terjadinya konflik antara ahli syariat dan hakikat dipicu oleh perbedaan sudut pandang dlm melihat obyek. Konflik ini sering dipengaruhi kepentingan politik sehingga kelompok ahli hakikat selalu menjadi korbannya. Di kesultanan Aceh Nur al-Din al-Raniri selaku Mufti pernah mengeluarkan fatwa yang menyesatkan ajaran hakikat yang dibawa Hamzah Fansuri dan Sham al-Din al-Sumatrani, kitab-kitab hakikat dibakar dan para pengikut yang tidak taubat dihukum mati. Pada zaman Pakubuwana II terjadi konflik antara Syekh Mutamakkin (ahli hakikat) dan Katib Anom Kudus (ulama syariat). Syekh Mutamakkin dituduh menyebarkan ajaran sesat dan diputuskan hukuman mati, namun akhirnya hukuman mati tersebut dianulir oleh Raja Pakubuwana II setelah terjadi dialog antara Syekh Mutamakkin dg Raja, terbukti ajaran Syekh Mutamakkin tdk sesat. Saat ini, juga terjadi konflik antara Syekh Arifin (ahli hakikat) dan MUI sumut (ahli syariat). MUI sumut mengeluarkan fatwa menyimpang thdp ajaran Syekh Arifin. Fatwa tersebut dijadikan alat oleh kelompok Islam garis keras (FUI, TPM) untuk memenjarakan Syekh Arifin. Padahal dlm pandangan JATMAN (organisasi tarekat mu'tabarah dibawah NU) menjelaskan ajaran Syekh Arifin sama sekali tidak menyimpang. Ternyata aroma politik sangat kuat tercium dibalik masalah ini.
Fatwa Ceroboh: Menagih janji pencabutan fatwa sesat MUI Sumut thdp ajaran Syekh Arifin. MUI ceroboh mengeluarkan fatwa sesat hanya masalah furuiyah. Fatwa ini digunakan oleh kelompok islam garis keras untuk memenjarakan Syekh Arifin. Alhamdulillah MUI Sumut bersedia Islah dan mencabut fatwa sesatnya.
Melawan Kekerasan Agama: Kelompok Islam puritan selain berpikir literal juga memiliki watak kekerasan. Kekerasan dilakukan dg dalih amar maruf nahi munkar. kekerasan dlm bentuk baru yaitu menerbitkan fatwa sesat utk menghantam kelompok lain yg tdk sejalan.
Islam Puritan: pemikiran islam puritan bercorak tekstual, mereka membaca teks keagamaan secara hitam putih, sikapnya merasa paling benar sendiri dan mudah menuduh orang lain sesat. mereka mudah mengobral fatwa sesat terhadap kelompok lain yang tidak sejalan, bahkan kekerasan mjd jalan pintas utk menyelesaikan masalah.
Jangan sandera dirimu terpesona dengan makhluk, bisa jadi makhluk yg kamu idolakan suatu ketika terlihat kekurangannya akan membuatmu kecewa. Karena itu, bersikaplah secara wajar.
Penistaan Agama: setuju sekali dengan rencana PBNU yang akan menggugat The Jakarta Post karena telah melakukan penistaan agama dengan membuat karikatur yang melecehkan simbol Islam. The Jakarta Post adalah koran berbahasa Inggris yang secara terbuka mendukung capres No. 2, bagaimana sikap umat Islam yang menjadi pemilih No. 2 terhadap pelecehan simbol agama Islam ini?
Hikmah Ramadhan: ramadhan bulan berlimpah rahmat dan maghfirah. Curahkan rahmat-Mu utk negeri kami, hamparkan permadani maghfiroh-Mu atas dosa dan kekhilafan kami, jauhkan kami dari permusuhan dan perpecahan sesama penduduk negeri, bimbinglah para pemimpin kami pada jalan yang Engkau ridhai. Semoga negeri kami menjadi baldatun thayyibatun wa-rabbun ghafur, yaitu negeri sejahtera gemah ripah loh jinawi.
Tragedi Gaza: konflik Zionis Israel dengan Palestina menyisakan luka yg menyayat hati kaum muslimin. PBB sbg organisasi dunia bagai macan ompong, hanya bisa protes tapi tak ada aksi nyata. Begitu juga dunia Islam hanya bisa mengumpat dan menghardik terhadap kebiadaban Israel tapi tak pernah mampu menghentikannya karena kekuatan politik umat Islam di Timur Tengah rapuh dan tercerai berai. Menurut bocoran Wikileaks, ternyata Arab Saudi secara politik memiliki kedekatan hubungan dengan Amerika Serikat dan Israel. Sehingga saat Gaza dibombardir oleh Zionis Israel korban umat Islam berjatuhan, kita tidak pernah mendengar kecaman dari pemerintah Arab Saudi atau ulama Wahhabi terhadap Israel apalagi mengirim bantuan untuk rakyat Palestina. Kini, nasib rakyat Palestina ibarat berada dlm mulut predator. Semoga Allah yang Maha Perkasa melindungi mereka.
Hikmah: Puasa melatih kita untuk menjadi pribadi yg merdeka yaitu terbebas dari belenggu hawa nafsu.
Hikmah: Berjuang melawan hawa nafsu di tengah perkotaan yang penuh dengan problematika sosial jauh lebih utama daripada menyendiri (khalwat) di pegunungan tanpa ada lawan yang mengusik nafsu.
Selamat atas terpilihnya presiden baru Republik Indonesia (siapapun yang terpilih), semoga dapat mengemban amanah dan membawa kemaslahatan bagi umat dan bangsa.
Info: Baru saja Kyai Said Aqil Siroj menulis dlm twitternya, mengucapkan selamat kepada Joko widodo dan yusuf kalla atas terpilihnya sbg presiden dan wakil presiden republik indonesia. Kalah menang dalam politik merupakan hal biasa. Semua pihak diharapkan dpt menahan diri.
Hikmah: Bisa jadi apa yang tidak kamu suka sebenarnya itu baik bagimu. Sebaliknya, bisa jadi apa yang kamu cintai sebenarnya itu buruk bagimu. (QS.Al-Baqarah, 216)
I'tikaf: Menjelang detik-detik final di bulan ramadhan baginda Nabi Muhammad Saw mengajarkan kpd kita supaya menghidupkan malam ganjil yg ditandai sebagai malam lailatul qadar yaitu dengan melakukan i'tikaf dan ibadah2 nawafil lainnya. Semoga kita dpt memanfaatkan sisa2 waktu sebaik mungkin. Jangan biarkan waktu berlalu sia2.
Fitri: bagi yg menjalankan ibadah puasa dan menghidupkannya dg amaliyah nawafil selama ramadhan dgn meminta ampunan secara bersungguh2 maka sdh pasti Allah memberikan jaminan akan diampuni sgl dosa2nya dan terbebas dari api neraka. Sekarang tiba saatnya hari raya Idul Fitri sbg moment utk menghapus dosa yg terkait huququl adami (dosa sesama anak adam) maka dg silaturahmi dan meminta maaf dan memaafkan sbg cara menebus dosa sesama manusia. Begitu indahnya ajaran Islam insha Allah kita akn mjd suci kembali. Selamat hari raya idul fitri mohon maaf lahir dan batin, taqabbalallahu minna wa-minkum taqabbal ya karim.
There is no place for ISIS in Indonesia. Indonesian moeslim people like Islam as value of rahmatan lil 'alamin not islamic state.
Info: Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siroj dlm twitternya menolak keras ISIS karena sangat membahayakan dan mengancam keutuhan NKRI. Bangsa Indonesia sudah cukup dengan ideologi Pancasila tidak perlu ideologi ISIS yg radikal yg mudah membunuh ulama yang tidak sepaham.
Agama dan kemanusiaan: Agama memiliki peranan penting menyadarkan manusia dlm menjunjung tinggi nilai2 kemanusian. Namun seringkali agama "diperkosa" oleh para penyamun yg berjubah dan bersorban ala nabi sehingga wajah agama berubah menjadi lusuh, jorok, kejam dan berlumuran darah, akhirnya agama terkesan mjd musuh kemanusiaan. Padahal sejatinya moral agama sangat memanusiakan manusia.
Keshalehan Musiman: tidak hanya cuaca yang memiliki musim tapi beragama pun bisa musiman. Saat musim pilihan lurah, pilihan legislatif dan pilihan presiden seringkali muncul keshalehan dadakan. Mereka beraksesoris dg simbol2 keagamaan, seperti mencamtumkan titel haji, ditambah sederet titel akademis, plus peci hitam atau jilbab sbg pelengkap. Mereka scr tiba2 berubah menjadi pribadi yang santun, murah senyum, penyayang dan dermawan. Keshalehan musiman ini akan berhenti dengan sendirinya saat keinginanannya mengalami kegagalan. Ini sesungguhnya sebuah kemunafikan dlm beragama. Karena itu, belajarlah dlm beragama scr ikhlas tanpa pamrih dan (tanpa) berharap pujian dan sanjungan dari makhluk niscaya anda akan menjadi pribadi sholeh yang hakiki.
Info: Gerakan radikal ISIS/IS mulai mengancam para pengikut tarekat di Irak. Bagdad yg dikenal sbg kotanya para sufi atau kota seribu malam membuat para pengikut tarekat tidak tinggal diam menghadapi ancaman ISIS. Mereka membentuk pasukan khusus yg dikenal Army of The Men of The Naqshabandi Order atau Jaysh Rijal at-Tarekat an-Naqshabandiya (JRTN). Pasukan yang tergabung dalam JRTN bertugas melindungi komunitas tarekat dan rakyat Irak yang tersebar di Baghdad dari ancaman ISIS. Mari kita doakan smg Allah memberikan perlindungan dan kemenangan kpd rakyat Irak pada umumnya dan komunitas ahli tarekat secara khusus.
Politisasi Agama: Semangat ibadah yang tiba2 muncul tanpa didasari dengan ilmu yg benar akan menyebabkan terbukanya pintu kesesatan, spt contoh begitu semangatnya dlm ibadah shalat subuh dua rakaat dianggap kurang lalu ditambah dua rakaat lagi kemudian ditambah lagi shalat sunah dua rakaat sesudah subuh. Ini contoh semangat ibadah yg keblinger. Begitu juga bagi org2 yang baru muncul semangat keIslamannya tapi tidak disertai pemahaman islam yg utuh seringkali muncul sikap dan perilaku yg tidak islami. seperti contoh, smangat mendirikan negara Islam (khilaf-ah) dg menggunakan cara kekerasan, mengkafirkan sesama muslim yg berbeda pandangan lalu membunuhnya dg cara keji sambil bertakbir. Padahal Rasulullah Saw tidak mengajarkan yg demikian. Ini sesungguhnya perilaku orang2 yang berlebih2an dlm beragama (al-ghuluw fi-al-din) yang dilarang keras oleh Baginda Nabi Muhammad saw.
Konsep Negara: Dalam piagam madinah Nabi Muhammad Saw merumuskan konsep negara madinah yg bhineka tunggal ika. Artinya berbagai kelompok, suku dan agama baik yg beragama islam, nasrani, yahudi maupun majusi dpt hidup berdampingan rukun dan damai di madinah. Hal yg sama juga dilakukan para ulama NU yg mjd pendiri bangsa dlm merumuskan konsep negara. Mereka lebih memilihi konsep Dar ul-Salam yaitu negara yg berbhineka, rukun, damai dan sejahtera bukan konsep Dar ul-Islam yaitu negara yg berdasarkan syariat Islam. Konsep Dar ul-salam menjadikan Islam sebagai tata nilai yg dpt dipraktekkan dlm kehidupan sehari-hari, sementara Dar ul-Islam memformalkan Islam sebagai hukum negara namun dlm prakteknya seringkali menodai Islam.
Menodai Islam: Gerakan politik manapun yg menggunakan simbol Islam seperti memakai bendera bertuliskan kalimat "laailaaha illallah muhammad rasulullah" namun perilakunya beringas, mudah memenggal kepala sesama muslim karena beda pendapat, sesungguhnya hal itu bukan cermin akhlak seorang muslim yang mengikuti Rasulullah Saw melainkan gerakan politik kotor yang menodai Islam.
Khittah Indonesia 1945: Mengutip pernyataan pendiri NU KH. Hasyim Asy'ari, "Agama dan Nasionalisme adalah dua kutub yang tidak saling berseberangan. Nasionalisme adalah bagian dari agama dan keduanya saling menguatkan." Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil Siraj menegaskan, "Silahkan keluar dari Indonesia jika ingin mendirikan Khilafah/Negara Islam. NKRI harga mati."
Walimatul Haj: Salah satu kekayaan tradisi Islam Nusantara yaitu walimatul haj. Biasanya menjelang musim haji para calon jamaah haji indonesia mengadakan acara walimatu l-haj. Acara ini menjadi media silaturahmi antara calon jamaah haji dengan para tetangga, saudara dan masyarakat untuk meminta maaf dan saling mendoakan. Mengingat perjalanan haji membutuhkan waktu yang cukup lama serta kekuatan fisik. Sebab bagi orang yang berhaji ada dua kemungkinan bisa pulang dengan sehat dan selamat atau pulang hanya nama alias wafat. Karena itu, Walimatul haj akan menjadi tradisi yang baik selama tidak diniatkan untuk riya' (pamer), 'ujub (heran diri) dan takabur ( sombong), karena hal ini dapat merusak kualitas haji. Selamat bagi temen2 yang menunaikan ibadah haji smg meraih haji yg mabrur.
Kesaksian: Saat umroh dan haji kita menyaksikan ratusan ribu hinga jutaan umat islam dari seluruh penjuru dunia berkumpul melaksnakan ritual umroh dan haji. Mereka berasal dari berbagai aliran dalam islam ada sunni, syiah, wahabi dan lainnya. Mereka menyembah tuhan yang sama, kiblat yg sama, membaca alquran yg sama, shalatnya sama, melaksanakan syarat rukun umroh dan haji sama. Karena itu, tidak ada alasan sedikitpun untuk menganggap mereka kafir hanya perbedaan soal furu'iyah. Hanya faktor politik kotor yang menodai kesucian agama sehingga dalil2 agama sering dipaksa utk mengkafirkan sesama muslim supaya ada alasan utk membunuhnya. Itulah fakta pertikaian umat islam di timur tengah.
Kampung Santri: Tiap sore menjelang magrib senang melihat santri2 kecil dari masyarakat sekitar al-Rabbani berangkat mengaji rutin tiap malam. Terasa sdh mjd kampung santri. Semoga al-Rabbani semakin hari membawa manfaat utk umat.
Kontekstualisasi Dakwah; Menyampaikan kutbah dg bahasa arab dengan dalih mengikuti sunnah di tengah masyarakat yg tdk paham bahasa arab sangat kurang tepat. sebab ada salah satu rukun kutbah yaitu pesan taqwa yang harus disampaikan oleh khatib kpd jamaah. pesan taqwa akan dipahami oleh jamaah jika menggunakan bahasa yg dpt dipahami oleh masyarakat (bi-lisani qaumihi). jika tidak, maka tujuan kutbah akan sia-sia. karena itu, perlu kontekstualisasi metode dakwah, supaya tujuan dakwah mencapai sasaran.
Pembelaan atas tuduhan sesat: Pimpinan tarekat samaniyah sumatra utara yang memiliki jamaah sekita 2,7 juta melaporkan kpd pengurus pusat (idaroh aliyah) jamiyyah ahlith thoriqoh almu'tabarah an-nahdliyyah (JATMAN) atas tuduhan sesat MUI Sumut. JATMAN sebagai induk organisasi tarekat mu'tabaroh di Indonesia berada dibawah PBNU akan melakukan pembelaan secara hukum dan argumentasi atas tuduhan sesat tersebut. Semoga tuduhan sesat terhadap tarekat-tarekat yang mu'tabarah tidak terulang lagi.
Go to top